Rabu, 11 September 2013

Belajar Bahasa Korea Part 9 ( Pembahasan Lebih kata kerja dan kata sifat )

Kata kerja dan kata sifat

Sekarang kita coba bahas kata kerja ama kata sifatnya ya….
Kata kerja dan kata sifat
Dalam bahasa Korea juga ada kata dasar, yang bisa berubah-ubah tergantung kalanya dan akhirannya. Nah mungkin kalian yang sudah punya kamus bahasa korea akan banyak kata-kata yang keluar dengan akhiran –
(da/ta). Itu berarti kata kerja atau kata sifat. Coba liat kata-kata di bawah ini!
Kata kerja/verba Kata sifat/adjektiva
먹다 Makan 좋다 Bagus, baik
자다 Tidur 나쁘다 Jahat, buruk
쉬다 Istirahat 어리다 Kecil (untuk umur)
공부하다 Belajar 착하다 Baik
알다 Tahu 멋있다 Keren
사랑하다 Cinta(verba) 맛있다 Enak
모르다 Tidak tahu 맛없다 Tidak enak
사다 Beli 힘들다 Capek, capai
팔다 Jual 싸다 Murah
하다 Melakukan, mengerjakan 비싸다 mahal

Nah, liat contoh-contoh diatas semuanya berakhiran –
kan? Itu menunjukkan kata kerja dan kata sifat. Jadi jangan bingung ya, kalo liat kamus korea…..
Semua itu adalah bentuk dasarnya(yang tertulis di dalam kamus). Mungkin kamu sering mendengar bentuk seperti itu dalam percakapan korea. Tapi sebenarnya –
itu bisa hilang….
Kata kerja dan kata sifat ini jika berfungsi sebagai predikat akan selalu berada di belakang kalimat….jangan ketukar2 sama bahasa indonesia yang predikatnya ada di tengah2 ya…!
Partikel – partikel
Nah, sekarang kita mulai masuk ke dalam bagian tata bahasa korea yang cukup susah nih….
Jadi dalam Bahasa Korea itu ada beberapa partikel yang menunjukan subjek dan objek. Pada contoh di bagian struktur kalimat, kalian bisa melihatnya…tapi mungkin ada yang belum tahu tentang itu…
Sekali lagi biar gampang, kalian harus perhatikan baik2 contoh2nya!!
Keterangan :
N = nomina = kata benda
V = verba = kata kerja
A = adjektiva = kata sifat
Partikel subjek

N
/ atau N/
N i/ga atau N eun/neun
N diatas maksudnya Nomina= kata benda.
Jadi untuk N
/, jika N memiliki batch’im (kata yang berakhiran dengan konsonan) maka akan dipasangkan dengan –, tapi jika tidak memiliki batch’im (berakhiran vokal) maka akan dipasangkan dengan –.
Misal:
은혁(eunhyuk) = 은혁 + - = 은혁이 [eun-hyeo-gi]
Pada kata di atas berakhiran konsonan
jadi harus menggunakan .
준수(junsu) = 준수 +- = 준수가 [jun-su-ga]
Kalo yang ini karena tidak ada batch’im harus dipasangkan dengan
.
어머니(ibu) = 어머니 + - = 어머니가 [eo-meo-ni-ga]
아버지(ayah) = 아버지 + - = 아버지가 [a-beo-ji-ga]
(kaki) = + - = 발이 [ba-ri]
얼굴(wajah) = 얼글 + - = 얼굴이 [eol-gu-ri]

Sama seperti -
/, -/ juga merupakan penanda subjek, lebih pastinya sih, sebagai penanda topik dari suatu kalimat. Jika nominanya berakhiran batch’im maka dipasangkan dengan -, tapi jika tidak memiliki batch’im dipasangkan dengan -.
재중(jaejung) = 재중 + - = 재중은(jae-jung-eun)
지후(jihu) = 지후 + - = 지후는(ji-hu-neun)
Tapi plis jangan tanya bedanya apa ya…. karena -
/ adalah partikel yang susah untuk dijelaskan. Karena kayaknya cuman orang korea doang yang bisa menggunakan partikel ini secara benar. Sampe sekarang aja gw masih bingung……hiks…. lagipula kalian juga gak harus tahu mendetail tentang semuanya, kalo mau tahu masuk aja sastra korea, ya…
Partikel objek
N
/
N eul/reul
Kalo nominanya berakhiran dengan batch’im maka harus memakai -
, kalo tidak ada batch’im harus memakai –. Sama seperti –/ dan –/ nulisnya disambung dengan nominanya. Gak boleh dipisahkan dengan spasi.
윤호(yunho) = 윤호 + - = 윤호를 [yun-ho-reul]
재석(jaeseok) = 재석 + - = 재석을 [jae-seo-geul]
기차(gich’a/kereta api) = 기차 + - = 기차를 [gi-ch’a-reul]
(bit/sinar) = + - = 빛을 [bi-ch’eul]


Klik For See More Belajar Bahasa Korea Lengkap Full Part.. disini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar