Kamis, 27 Juni 2013

8 Drama Korea Yang Di Tuding Plagiat

8 Drama Korea Yang Dianggap Plagiat!











Baru-baru ini, serial drama SBS yaitu FIVE FINGERS tengah menghadapi isu plagiat. Skrip dan deskripsi karakter dari drama tersebut begitu mirip dengan novel, Murder Rhapsody.

Namun ini bukan kali pertama serial drama Korea menghadapi isu plagiat. Kasus pelanggaran hak cipta yang menjadi isu serius di K-Pop, tidak meninggalkan drama Korea dalam posisi selalu aman.
Beberapa judul drama populer tak luput dari isu tersebut. Sebut saja Secret Garden danQueen Seon Duk. Namun yang menarik, tidak ada satu pun dari judul drama-drama tersebut yang dibuktikan bersalah.

Berikut beberapa drama Korea yang terkena isu plagiat.



1. GREATEST LOVE (2011)




Mega hit drama Korea, Greatest Love yang diproduksi tahun 2011 lalu dianggap meniru novel internet That’s Why I Married an Anti-Fan. Tuduhan tersebut muncul karena kemiripan jalan cerita termasuk hubungan antara bintang top dan selebriti yang sudah tidak laku.
Sesudahnya penulis naskah MBC sedikit mengubah skrip yang ada untuk menghindari masalah dan mencegah penundaan penayangan.

2. SECRET GARDEN




Drama yang dibintangi aktor Hyun Bin sebelum masuk militer, Secret Garden dianggap meniru jalan cerita dari kartun Botox. Namun tuduhan tersebut hanya terjadi di dunia maya, dan setelah beberapa waktu, tidak ada pihak yang menggembar-gemborkan isu tersebut kembali.
ya,semoga aja itu gak bener yaaa ...
padahal itu drama favorit akuu ..





3. QUEEN SEON DUK




Drama popular MBC, Queen Seon Duk dituntut oleh sutradara musikal Rose of Sharon's Queen Seon Duk. Drama tersebut dianggap melanggar hak cipta di Korea, namun pengadilan memutuskan tidak bersalah.




4. IRISH




Drama yang juga dibintangi oleh member Big Bang, T.O.P ini tayang pada tahun 2009 silam di stasiun TV KBS. Serial drama Iris dianggap memplagiat film Dyeweed. Namun berdasarkan keputusan pengadilan disebut kedua karya tersebut tidak sama.





5. STYLE




Drama Style yang tayang di stasiun TV SBS pada tahun 2009, dan dibintangi oleh Kim Hye Soo terbilang cukup sukses. Tema fashion dengan segala hal yang berkaitan dengan industri fashion dihadirkan.
Namun dalam isu plagiat ini, Style bukan menjadi subyek namun korban. Dalam waktu yang bersamaan, stasiun KBS berniat menghadirkan drama Magazine Ahlo yang memicu isu plagiat dari Style.
Magazine Ahlo akhirnya tidak bisa menyelesaikan masalah internal yang dihadapi, dan bahkan tidak jadi ditayangkan oleh KBS.




6. MY MAN’S WOMAN




Drama My Man’s Woman tayang di stasiun TV SBS pada tahun 2007 silam. Kontroversi muncul ketika penulis skrip drama ini, Kim Soo Hyun dianggap mencontek karya penulis skrip KBS dalam drama Okhee, that Woman. Namun kasus ini dihentikan sesudahnya.





7. LOVE RAIN




Drama LOVE RAIN diduga melakukan plagiat terhadap film berjudul THE CLASSIC yang diproduksi Egg Film. Pada tanggal 7 Juni 2012 silam, Egg Film telah meminta pelarangan tayang dari drama tersebut.
Egg Film menganggap drama yang dibintangi oleh Jang Geun Suk dan YoonA tersebut meniru adegan seperti tokoh utama mengucap selamat tinggal di kereta api, tema hujan, dan beberapa hal yang sebenarnya jamak dihadirkan di K-Drama



8. FIVE FINGERS




Kasus terakhir muncul dari drama FIVE FINGERS. Pasca mencuatnya isu kemiripan karakter dan skrip drama tersebut dengan novel Murder Rhapsody, baik penulis novel maupun PD dari drama telah memberikan pernyataan.
Pihak produksi FIVE FINGERS membantah tuduhan dengan berkata, "Kami tidak pernah mendengar novel tersebut."
Sementara itu penulis novel memberikan pernyataan berbeda.
"Tidak hanya setting yang sama, namun juga karakter. Jadi aku rasa ini benar-benar suatu masalah. Perusahaan produksi Five Fingers saat ini tengah mencari akar masalahnya," ungkap penulis Murder Rhapsody, Kim Joo Yeon.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar